Rabu, 13 November 2013

Candi Airlangga Ditemukan di Hutan Lamongan





Metrotvnews.com, Jakarta: Bangunan candi ditemukan di area hutan di wilayah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Diperkirakan candi tersebut dibuat pada abad XI di zaman kerajaan Airlangga dan digunakan sebagai tempat pemujaan.


Warga Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan, digemparkan dengan penemuan candi di area hutan dekat persawahaan warga. Bagian tepi candi terbuat dari batu kapur yang tersusun rapi.

Masing-masing batu kapur panjangnya berkisar 30 sentimeter dan lebar 20 sentimeter dengan ketebalan berkisar 10 hingga 15 sentimeter.

Di sisi lain, terdapat bebatuan hitam dan keras serta terdapat pahatan khas zaman kerajaan kuno. Di bagian tengah candi terdapat semacam tempat air yang melingkar yang diperkirakan sebagai petirtaan saat pemujaan.

Dindingnya juga terbuat dari batu yang tersusun rapi. Bangunan ini tersambung dengan bangunan aliran air menuju ke luar candi.

Menurut Supriyo, salah satu penemu, candi itu diperkirakan dibangun pada zaman kerajaan Airlangga pada abad ke-11 masehi. Soalnya, di desa tersebut telah ditemukan prasasti patakan sebagai tanda zaman Airlangga yang kini telah disimpan di Museum Nasional.

Warga setempat menuturkan sejak dulu candi itu disakralkan sehingga sangat jarang warga yang mendatangi. Selain itu, di sekitar
area candi juga diperkirakan terdapat permukiman kuno karena warga sering kali menemukan gerabah serta pecahan guci guno di sekitar
candi.

Warga di Lamongan berharap tim Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala melakukan penggalian sehingga struktur candi dapat terlihat secara utuh sebagai tanda kebesaran kerajaan masa lalu di wilayah Kabupaten Lamongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar